Ulasan lengkap mengenai berbagai macam batu akik di seluruh Indonesia.

Jumat, 29 Mei 2015

Cara Membedakan Jenis Batu Akik Badar Besi Asli Dan Palsu

Cara membedakan jenis batu akik Badar Besi asli dan palsu bisa dengan menempuh metode mudah. Keunikan batu ini sangat populer, sehingga banyak penggemar batu akik yang memburunya. Kemampuannya mengikat magnet dimiliki karena mengandung oksigen dan besi dalam jumlah besar. Popularitas seringkali dibarengi dengan pemalsuan, jadi waspada dengan peredaran batu akik palsu atau imitasi.

Warna batu akik ini bisa menjadi patokan dalam menentukan jenis aslinya. Hitam keabu-abuan merupakan ciri khas warnanya. Saat ditempatkan di dekat medan magnet, maka batu akan sangat mudah tertarik atau bahkan berputar-putar. Penggosokan dengan cara tepat, akan menyebabkan batu akik ini semakin bersinar atau mengkilap. Berbagai keunikan tersebut menjadi daya pikat besar orang ingin memilikinya.

Kalau dipantau dari struktur molekulnya, batu Badar Besi mempunyai kandungan oksigen dan besi yang rapat. Struktur kristal layaknya batu Ruby juga terkandung di dalam batu akik tersebut. Bahkan batu ini dikatakan memiliki struktur serupa dengan bebatuan yang dijumpai di planet Mars. Ciri Badar Besi yang sangat mudah untuk mendeteksi keasliannya adalah dengan mendekatkan batu tersebut pada medan magnet. Kalau mudah melekat pada magnet, kemungkinan besar merupakan jenis aslinya.

Cara pembuktian lainnya dengan mengoleskan getah pepaya di batu tersebut. Kalau getah pepaya yang melekat pada batu tersebut gampang kering, maka dianggap sebagai batu asli. Tapi kalau getah sangat lama keringnya, maka kemungkinan besar merupakan batu Badar Besi palsu.








Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membedakan Jenis Batu Akik Badar Besi Asli Dan Palsu

0 komentar:

Posting Komentar